BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula bidang industri pakaian atau fashion yang ada di Indonesia. Perkembangan ini tentunya menuntut pebisnis di bidang industri pakaian harus kreatif dalam hal menciptakan kreasi dan inovasi pakaian terutama pakaian wanita seperti menciptakan produk hijab atau jilbab yang mempunyai keindahan, seni, bentuk serta tampilan yang membuat menarik di mata konsumen sehingga banyak yang berminat untuk menggunakan dan yang pasti tetap syar'i. Sebagai pengusaha baru yang akan merintis usaha pada industri pakaian tentunya harus melihat peluang terlebih dahulu serta pasar konsumen dengan melakukan business plan atau rencana bisnis. Rencana bisnis merupakan hal dasar yang harus dipersiapkan oleh seseorang sebelum menjalankan bisnisnya. Rencana bisnis berisi sekumpulan rencana untuk mengelola semua aspek bisnis mulai dari konsep usaha, pemasaran produksi, operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan sebagainya. Tujuan dibuatnya rencana bisnis adalah untuk memberikan arah bisnis dan patokan yang jelas menuju sasaran sehingga bisnis dapat berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan. Setiap usaha selalu ingin berkompetisi dengan usaha lain untuk memperoleh keuntungan. Berkaitan dengan "BUSINESS PLAN" sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari mampu berkompetisi memenuhi kebutuhan masyarakat.
Pilihan sebuah usaha yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai objek untuk berbisnis. Salah satu usaha yang bisa dijadikan bisnis yaitu usaha di bidang pakaian atau fashion hijab. Tidak diragukan lagi dari tahun ke tahun fashion hijab memiliki perkembangan yang cukup pesat sehingga semakin banyak juga wanita muslim yang mulai menggunakan jilbab belakangan ini, banyak sekali yang mulai mengembangkan model hijab sehingga bisa dikenal mancanegara sebagai fashion yang trendi masa kini. Karena hijab adalah kebutuhan sehari-hari wanita muslim. Fashion hijab sebagai salah satu fashion trendi yang sedang marak dikalangan wanita muslim. Hijab ataupun jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala dan wajah yang menjadi suatu kewajiban bagi seorang muslimah untuk menutupi aurat. Dahulu hijab hanya memiliki desain yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cenderung berwarna gelap. Sekarang ini banyak terdapat model-model dan tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri.
Dalam rangka pemenuhan persyaratan nilai tugas mata kuliah Kewirausahaan yang terfokus dimana mahasiswa atau calon pengusaha baru harus mampu mengelola dan mengembangkan suatu usaha yang mandiri dan kompetitif di dunia kewirausahaan. Disini saya bermaksud mengaktualisasikan antara teori dan praktek dalam bentuk kegiatan usaha penjualan atau kewirausahaan. Maka dari itu dengan belajarnya konsep bisnis ini mahasiswa atau calon pengusaha baru diharapkan dapat mengelola serta mengembangkan usaha yang dapat bersaing pada dunia kewirausahaan secara mandiri dan kompetitif. Selain itu juga penulisan ini dibuat untuk membandingkan teori dengan praktek dalam kegiatan kewirausahaan.
Pilihan sebuah usaha yang tepat sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai objek untuk berbisnis. Salah satu usaha yang bisa dijadikan bisnis yaitu usaha di bidang pakaian atau fashion hijab. Tidak diragukan lagi dari tahun ke tahun fashion hijab memiliki perkembangan yang cukup pesat sehingga semakin banyak juga wanita muslim yang mulai menggunakan jilbab belakangan ini, banyak sekali yang mulai mengembangkan model hijab sehingga bisa dikenal mancanegara sebagai fashion yang trendi masa kini. Karena hijab adalah kebutuhan sehari-hari wanita muslim. Fashion hijab sebagai salah satu fashion trendi yang sedang marak dikalangan wanita muslim. Hijab ataupun jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala dan wajah yang menjadi suatu kewajiban bagi seorang muslimah untuk menutupi aurat. Dahulu hijab hanya memiliki desain yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cenderung berwarna gelap. Sekarang ini banyak terdapat model-model dan tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri.
Dalam rangka pemenuhan persyaratan nilai tugas mata kuliah Kewirausahaan yang terfokus dimana mahasiswa atau calon pengusaha baru harus mampu mengelola dan mengembangkan suatu usaha yang mandiri dan kompetitif di dunia kewirausahaan. Disini saya bermaksud mengaktualisasikan antara teori dan praktek dalam bentuk kegiatan usaha penjualan atau kewirausahaan. Maka dari itu dengan belajarnya konsep bisnis ini mahasiswa atau calon pengusaha baru diharapkan dapat mengelola serta mengembangkan usaha yang dapat bersaing pada dunia kewirausahaan secara mandiri dan kompetitif. Selain itu juga penulisan ini dibuat untuk membandingkan teori dengan praktek dalam kegiatan kewirausahaan.
1.2
Maksud dan Tujuan Business Plan
Adapun Maksud dan Tujuan dari kegiatan usaha kewirausahaan atau
rencana bisnis, diantaranya yaitu:
1. Memenuhi persyaratan nilai tugas
mata kuliah Kewirausahaan.
2. Melatih diri agar mampu hidup
mandiri dan terampil dalam memasuki dunia usaha di masyarakat.
3. Mengamati aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang
harus diperhatikan sebelum memulai usaha.
4. Mengetahui rencana usaha
yang akan dilakukan dan melatih
dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis.
5. Mengembangkan dan menginovasi ide
bisnis, bentuk, gaya
berpakaian dan tampilan
pada pakaian wanita.
6. Sebagai pedoman wirausaha untuk
tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.
1.3
Manfaat Business Plan
Adapun manfaat dari kegiatan usaha kewirausahaan atau
rencana bisnis, diantaranya yaitu:
1.
Menyiapkan kemampuan dalam memilih usaha yang sesuai di
masyarakat.
2.
Memberikan pembekalan kepada siswa untuk dapat berwirausaha.
3.
Menambah wawasan tentang cara memulai
usaha.
4.
Memfokuskan rencana
bisnis yang akan dibuat dan memfokuskan target pasar makanan
5. Menyiapkan lapangan kerja yang produktif dan dapat
mengembangkan kreatifitas para mahasiswa atau
calon pengusaha baru.
6.
Menyiapkan tenaga kerja yang profesional yang dibutuhkan
oleh perusahaan.
BAB II
RENCANA USAHA
2.1
Aspek Umum
Ø
Nama, Jenis, Bentuk, Tempat, dan Logo Usaha.
· Nama Usaha : Hijab by Najlangga
· Jenis Usaha : Pakaian Wanita
· Bentuk Usaha : Bergerak
dalam bidang industri pakaian wanita
yang bentuk kegiatan usahanya dilakukan secara
perorangan
· Tempat Usaha : Toko sekitaran Jalan Raya Akses UI Kelapa Dua
Depok, Depok, Jawa Barat
· Logo Usaha :
Ø Visi dan Misi Usaha
Visi
1. Menciptakan
produk hijab yang berkualitas, inovatif, kreasi dan menguasai pangsa pasar
nasional bahkan internasional.
2. Mewujudkan wirausaha yang unggul, kreatif
dan kompetitif.
3. Mencetak sebuah wirausaha yang profesional.
Misi
1. Mengembangkan
usaha hijab yang mampu menumbuhkan keinginan muslimah untuk menutup aurat
dengan memakai hijab dan yang pasti tetap syar’i.
2. Menjual
produk hijab dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang terjangkau.
3. Memberikan
pelayanan yang terbaik.
4. Membuat hijab yang nyaman dan menarik untuk
konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar