Rabu, 01 Mei 2019

KEWIRAUSAHAAN PROGRESS 3

2.7  Rancangan Aktivitas Untuk Meningkatkan Penjualan
2.7.1  Level Sosial Konsumen (segmen pasar)
Dunia fashion yang semakin berkembang seiring dengan zamannya menuntut adanya perfomance yang ingin ditampilkan oleh masing – masing pengusaha. Oleh sebab itu usaha fashion hijab ini adalah sebuah penampilan terbaru yang masyarakat taunya hanya sebatas kebutuhan tetapi ternyata dizaman sekarang hijab sudah dijadikan fashion yang trendi. Segmen pasar yang dituju oleh usaha ini adalah dari berbagai kelas karena mengingat harga dari jajanan ini yang di berikan dengan harga yang terjangkau.
2.7.2 Strategi Pemasaran
Saya memiliki beberapa strategi pemasaran yang terdiri dari empat elemen (product, price, place dan promotion). Berikut penjelasan dari masing – masing elemen tersebut:
1.Product
Produk yang saya buat merupakan produk yang sudah ada dalam masyarakat akan tetapi yang membedakan adalah ini merupakan produk fashion hijab yang masih jarang ada di Kota Depok. Hijab yang dibuat memiliki ciri khas tersendiri sehingga yang menggunakannya akan terlihat lebih muda karena warna yang digunakan adalah warna - warna yang unik dengan motif - motif yang lucu.
2.      Price
Saya berusaha memberikan harga yang terjangkau agar bisa  dibeli oleh masyarakat kebawah hingga menengah ke atas, dan sesuai dengan kantong anak – anak remaja masa kini. Oleh karena itu, saya mencari supplier yang mampu menyuplai bahan bahan kebutuhan membuat jilbab seperti kain dan tempat menjahit yang mampu diajak bekerja sama dan memberikan harga yang benar – benar murah.
3.      Place dan Promotion
Disini saya memilih di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama dan tempat keramaian lainnya disekitaran pertokoan atau daerah Jalan Raya Akses UI Kelapa Dua Depok, Depok, Jawa Barat sebagai tempat penjualan dan juga sebagai tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang sehingga mudah diketahui dan dikenal oleh banyak orang terutama masyarakat Kota Depok. Saya masih memerlukan modal yang cukup besar untuk mempromosikannya secara langsung kepada masyarakat sekitar. Dan tidak lupa saya mencantumkan nama usaha saya pada saat pengemasan jilbab sehingga orang – orang akan mengenal usaha saya. Selain itu saya juga melakukan promosi melalui social media dan juga dengan cara mengikuti event-event anak muda yang sering diadakan di Mall, bazaar-bazaar, dan event-event lainnya. Dari sini mereka akan mengetahui produk saya sehingga akan  terbangun kepercayaan kepada saya dan akan tersebar dari mulut kemulut. Terkadang ini sangat membantu untuk menaikkan penjualan jilbab yang saya produksi .
4.      Saluran Distribusi
Saya memiliki beberapa saluran distribusi untuk mengembangkan produk yang saya ciptakan disini, diantaranya sebagai berikut:
1.      Dengan menjual langsung kepada konsumen
2.      Dengan menerima pesanan dalam jumlah yang banyak.
3.   Menerima Reseller
4.   Dalam tahap pertama, saya akan menjual produk saya dengan sendirinya dan membawa ke kampus untuk dipromosikan kepada teman-teman.


BAB III
METODE PELAKSANAAN
3.1     Jadwal Kegiatan
NO
KEGIATAN
BULAN
BULAN
A
PERSIAPAN
1
2
3
1
Penetapan Rencana Kerja
2
Persiapan Bahan
3
Persiapan Alat
4
Persiapan Biaya Kebutuhan
B
PELAKSANAAN
1
Tahap Pembelian Bahan Baku
2
Produksi
3
Promosi Via Online
4
Pemasaran Via Online
5
Promosi Via Offline
6
Pemasaran Via Offline
7
Pendistribusian Produk
8
Evaluasi Produk
C
PENYUSUNAN LAPORAN
1
Analisis Data
2
Membuat Draf Laporan
3
Perbaikan Laporan
4
Penggandaan Laporan Akhir
5
Pengiriman Laporan

3.2     Jumlah Tenaga Kerja yang dibutuhkan
NO
JUMLAH TENAGA KERJA
JOB DESCRIPTION
1
2 orang
Mengurus pembuatan jilbab dan menjahit jilbab
2
2 orang
Mengurus pengukuran kain yang akan dibuat untuk jilbab
3
2 orang
Mengurus proses pengemasan jilbab yang akan dijual
4
2 orang
Mempromosikan produk jilbab yang dijual
Total Pekerja : 8 orang

3.3     Jasa yang dibutuhkan
·         Jasa menjahit jilbab
·         Jasa mengukur jilbab

3.4     Alat – Alat yang digunakan
·      Mesin jahit
·      Benang
·      Jarum jahit
·      Pengukur kain jilbab

3.5     Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan yang dibutuhkan
Usaha ini juga memerlukan beberapa peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk menunjang dalam proses operasional penjualan. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:
·      Etalase
·      Kepala manekin
·      Cermin
·      Hanger jilbab
·      Kursi plastik
·      Lampu
·      Meja

3.6     Bahan – Bahan yang dibutuhkan untuk Proses Pembuatan Jilbab Instan
NO
NAMA BARANG
KEBUTUHAN
1
Katun Rayon Motif Cantik-ET-15
Dibutuhkan 2 Roll motif bunga
2
Katun Rayon Motif Cantik-ET-15
2 Roll motif katun
3
Kain Balotelli Motik Cantik-BSD- 05 Lebar : 1,50 meter
2 Roll
4
BKC-Kain Balotelli Motif Cantik- ET-11-Lebar : 1,50 meter
2 Roll
5
Kain Wolfis Lebar 1,50 meter
2 Roll

3.7     Produk yang Dijual
Jenis barang yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan masyarakat yaitu jilbab. Jilbab yang dijual dalam usaha ini adalah jilbab dengan berbagai merk, model, bahan, ukuran, dan warna.
Jenis-jenis jilbab yang akan dijual dalam usaha ini antara lain:
·         Jilbab paris polos                        : 7 lusin
·         Jilbab paris bermotif                    : 6 lusin
·         Jilbab pashmina
Ø  Pashmina LV                          : 6 lusin
Ø  Pashmina Burberry                 : 6 lusin
Ø  Pashmina Selma Mandira        : 6 lusin
Ø  Pashmina Ima Katun               : 6 lusin
Ø  Pashmina Spandek                  : 6 lusin
Ø  Pashmina Line Polkadot          : 8 lusin
Ø  Pashmina Kaila Lenisya           : 6 lusin
·         Jilbab Bergo/instan
Ø  Jilbab Ghilda Danef                  : 6 lusin
Ø  Jilbab Hoodie Zaskia               : 6 lusin
Ø  Jilbab Arabian Hoodie             : 6 lusin
Ø  Jilbab Angelin                          : 6 lusin
·         Jilbab segi empat biasa
·         Jilbab border
·         Jilbab pashmina
·         Kerudung biasa (langsung pakai)
·         Kerudung langsung lengan
·         Anak dalaman jilbab
·         Aksesoris jilbab

·         Aneka jilbab lainnya yang sedang trendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar