Hello brayyyy ketemu lagi nih ya sama gue, jangan bosen yaa karena pastinya gue selalu punya cerita yang menarik. Kali ini gue mau cerita apa sih yang gue hadapi dan rasain setelah sidang PI. PI adalah penulisan ilmiah yang ada di Universitas Gunadarma menjadi syarat untuk mahasiswa tingkat akhir melakukan skripsi. Sebelumnya gue udah pernah cerita kan masa-masa gue nyusun PI dan sampe gue ngurus sidang. Sekarang gue mau cerita setelah gue sidang nih cuyyy. Mau tau gak?? Mau dong pastinya yakannn supaya buat temen-temen yang belum sidang bisa termotivasi setelah membaca cerita gue. Jadi gue itu daftar sidang hari Jumat tanggal 23 November kemudian tanggal 28 November gue sidang cuy tepatnya di hari Rabu. Jarak dari daftar sampai ke hari sidangnya cuma 5 hari kebayang gak tuh sebentar banget kannn. Okeyy balik ke cerita lagi. Jadi detik-detik mau sidang itu gue mulai disibukkan buat ngeprint, jilid, dan transparansi. Banyak banget duit yang harus dikeluarin cuyyy. Hah transparansi??? Iya cuyy jurusan gue masih harus transparansi ppt kalau mau sidang L. H-2 sidang gue ke warnet depan E tuh namanya ACE, itu warnet kesayangan gue tepatnya kesayangan jurusan gue sihh hahaha karena cuma warnet itu yang mengerti anak industri, pokoknya pengertian banget deh tuh warnet hahaha. Gue ngeprint, jilid, dan transparansi ppt di ACE. Pokoknya h-2 itu gue bener-bener sibuk ngurus persiapan sidang dehhh. Habis dari ACE gue sama temen gue belajar presentasi tuhh. Gue bener-bener presentasiin ppt gue di depan temen gue biar nanti pas sidang gak grogi lagi. Deg-degan bukan main coyyy. Hahaha lebay gak sihL.
H-1 sidang gue malah pergi sama temen-temen gue ke tempat ngopi gituuu karena gue gamau terlalu memforsir untuk belajar, jadi h-1 gue ngopi aja bareng temen-temen. Pas malemnya gue pulang ke rumah tiba-tiba keingetan lagi kalau besok sidang L. Gue belajar presentasi di depan kaca supaya pas sidang lancar ngomongnya. Gue berdoa setiap abis solat supaya sidang gue diperlancar. Gue juga ga lupa buat minta doa sama orang tua. Akhirnya tiba lah hari dimana gue harus bersiap-siap buat sidanggggg. Ah parah mau nangis cuyy deg-degan abisss. Tapi pas gue sampe di kampus malah jadi gak deg-degan karena gue mikir yaudah kan gue yang KP pasti gue yang lebih tau dan gue pasti bisa jawab. Gue dateng ke D dari jam 9 tapi gue baru masuk ke ruang sidang jam 1 siang. Awalnya niat mau duluan biar dapet shift yang pagi tapi karna gak boleh sama dosen penguji yah yaudah gua nunggu deh sampe jam 1 shift siang sesuai jadwal yang gue dapet. Gue maju urutan pertama cuyy. Gue berdoa terus supaya lancarrrr. Abis itu nama gue langsung dipanggil dan gue langsung masuk ke ruang sidang. Pembawaan gue santai dan alhamdulillah gue bisa jawab semua pertanyaan dosen penguji. Judul PI gue itu “Mempelajari Perencanaan Produksi Pengemasan Plastik Film Produk BOPP Tipe PHS 18 di PT Argha Karya Prima Industry Tbk” jadi intinya sih gue membahas tentang perencanaan produksi pengemasan plastik gitu deh produknya. Alhamdulillah sidang gue lancar berkat doa dari orang tua pastinya. Pas keluar ruangan sidang gue liat temen-temen gue udah pada dateng bawain bouquet makanan dan hadiah-hadiah lainnya. Gue foto-foto bareng mereka. Pokoknya tanggal 28 November itu gue seneng banget dehhh.
Awal tahun 2019 tanggal 7 Januari gue cepet-cepet langsung kerjain revisi PI nya karena gue gamau nunda kelamaan. Soalnye gue orangnya gasuka nunda-nunda pekerjaan hehehe. Gue bimbingan lagi sama ka Njan tuh dan cuma sekali bimbingan setelah itu ka Njan langsung tanda tangan lembar pengesahan gue. Setelah ditanda tangan gue langsung hardcover PI nya supaya bisa langsung di verifikasi ke perpustakaan. Sebelum terverifikasi sama bagian perpustakaannya, gue diharuskan mengupload ppt gue diubah menjadi pdf di studentsite. Setelah hardcover dan mengupload ppt di studentsite gue langsung ke D buat verifikasi dan ternyata antri parahhhhh, tapi gue tetep antri supaya bisa verifikasi. Setelah verifikasi gue langsung minta tanda tangan bu Meilani karena beliau adalah koordinator PI. Besoknya gue langsung minta tanda tangan serta ngasih CD yang isinya kebutuhan PI gue ke bu Rahma karena beliau adalah kepala jurusan teknik industri. Butuh waktu yang lama mendapatkan ttd kajur kesayangan gue huhu. Setelah tanda tangan lengkap semua gue langsung scan lembar pengesahan yang sudah di ttd dospem gue, koordinator PI, dan kajur gue. Setelah itu gue upload PI gue ke studentsite dari cover sampe lampiran-lampirannya juga. Pokoknya semua gue urus sampai selesai supaya pas ngerjain skripsi gue gak kepikiran sama PI lagi. Setelah PI diupload di studentsite, gue diharuskan kembali lagi ke perpustakaan bawa hardcover PI, krs, dan surat pas awal-awal sidang yang dikasih sama loket untuk mendapatkan blanko pembayaran untuk mendapatkan sertifikat setara sarjana muda atau biasanya disebut dengan gelar A.Md. FYI, surat awal-awal sidang jangan sampai hilang itu yaa. Capek ngurus setelah sidangnya daripada sebelum sidangnya huhuhu. Nih langkah-langkah setelah ngurus sidang PI, check this out:
1. Revisi PI ke dospem yang ada di kertas perbaikan dan revisi sesuai dengan kertas perbaikan yang dikasih pas sidang
2. Setelah revisi di acc, minta ttd sama dospem di lembar pengesahan
3. Hardcover PI
4. Upload ppt ke student site. Nanti dapet bukti upload gitu isinya barcode
5. Ke loket perpus yg di D bawa hardcover + bukti upload yang barcode + krs untuk verifikasi + surat revisi
6. Ke loket sidang bawa bukti upload yg udah di cap + surat revisi + hardcover + krs minta ttd ke Koordinator PI. (ini 2 hari untuk di ttd kalo ibunya gaada ditempat)
7. Ke jurusan ruangan jurusan buat ttd Kajur, bawa hardcover + CD (Isi PI dalam bentuk word, pdf & ppt)
8. Scan lembar pengesahan (yg udah ada ttd ke 3 nya)
9. Upload penulisan PI dari cover - lampiran ke studentsite serta scanan lembar yang ada ttd nya
10. Ke loket perpus lagi bawa hardcover + surat kecil pas mau sidang + krs (nanti dr sini dikasih blanko)
11. Bayar ke Bank DKI sebesar 100rb
12. Ke perpus lagi buat naro blanko itu (satu buat kita satu buat perpus)
13. Ambil sertif ke D21, bawa surat kecil pas mau sidang + blanko yg dikasih dr perpus. Sertifikat jd 3 bulan setelah sidang
Lebih lengkapnya ada dibawah ini gengsss:
LANGKAH-LANGKAH SETELAH SIDANG
1. Bawa Hasil Revisi dan Kertas Revisi Ke Dospem
2. Setelah Dospem ACCin Kertas Hasil Revisi Sidang dan Menandatanganinnya. (Kalau bisa minta tanda tanganin lembar pengesahannya duluan, biar gak bolak balik pas selesai hardcover nanti)
3. Hard Cover PInya dan beli CD untuk kajur (isinya file word PI, pdf PI, dan slide PPT) Biar ga print lagi pake printan pas sidang aja, atau tinggal ganti yang salah2nya aja, tempat Hardcovernya bisa dikampus D dietmpt fotocopy yang deket tukang kentang goreng harganya 20rb, warna covernya orange sama kyk cover pas eksemplar sidang dan depan Kampus E persis depan Lawson nama tempatnya ACE tukang fotocopynya jg udah tau
4. Sambil Menunggu Hardcovernya jadi, Silahkan upload File Presentasi PPT Sidang PInya, Langkah2nya ada dibawah (baru Hanya PPT Sidangnya aja dulu dan Peruntukannya buat Slide Sidang PI belum setara sarjana muda, langkah2nya lengkap dibawah). Buat dapet hasil printan Barcode
1. Dimensi = isi dengan yang ada di ABSTARKSI
2. Judul Penulisan = Isi dengan Judul PI yang dibuat
3. Nama Pembimbing = Isi dengan Nama Dosen Pembimbing masing-masing
4. Abstraksi = Isi Copy Paste dari ABSTRAKSI
5. Subyek Penulisan = Isi dengan KATA KUNCI yang ada DI ABSTRAKSI
6. Tanggal Pelaksanaan Sidang = Isi dengan Tanggal Sidang kalian masing masing
7. Tanggal Penyerahan Berkas = Isi dengan Hari pada saat Anda Upload Presentasi kalian (Berarti hari ini)
8. Jenis Penulisan = Pilih SLIDE PRESENTASI SIDANG
9. Lokasi Penyerahan Penulisan = Pilih sesuai Kampus untuk penyerahan berkas
3. Nama Pembimbing = Isi dengan Nama Dosen Pembimbing masing-masing
4. Abstraksi = Isi Copy Paste dari ABSTRAKSI
5. Subyek Penulisan = Isi dengan KATA KUNCI yang ada DI ABSTRAKSI
6. Tanggal Pelaksanaan Sidang = Isi dengan Tanggal Sidang kalian masing masing
7. Tanggal Penyerahan Berkas = Isi dengan Hari pada saat Anda Upload Presentasi kalian (Berarti hari ini)
8. Jenis Penulisan = Pilih SLIDE PRESENTASI SIDANG
9. Lokasi Penyerahan Penulisan = Pilih sesuai Kampus untuk penyerahan berkas
FILE PPT SIDANG UBAH KE PDF
5. Setelah diprint selembar barcodenya, besoknya ambil hardcover ditukang fotocopy, trs bawa lembar barcode dan harcovernya kebagian loket perpustakaan di Kampus D untuk diverifikasi, lokasinya ada disebelah Bank DKI kampus D. (Syaratnya Hardcover PI di lembar pengesahan sudah di TTD Dospem & bawa lembar barcode PI dari StudenSite) (Bawa juga selembar hasil revisi yg dikasih pas kelar sidang biar sekalian bisa minta TTD ke Kordinator PI hari itu juga dan CD PI biar sekalian buat bisa minta TTD kajur masing-masing)
6. Setelah lembar barcode dicap orang perpus, bawa Hardcover dan lembar barcode dan kertas selembar revisian pas selesai sidang, buat minta TTD lembar pengesahaan ke Koordinator PI Bu Meilani, Tempat mintanya ada di Loket pas daftar sidang, kalau minta pas ada Bu Meilani langsung hari itu jg di TTD tapi kalau mau minta dihari saat loket tutup bisa minta keruangannya langsung masuk lewat dalem gedung pokoknya didalem ruangan loket2 gunadarma, tanya aja didalem meja ibu meilani dimana.
7. Setelah lembar pengesahaan di TTD kordinator PI, selanjutnya minta TTD Ketua jurusan masing-masing, Bawa Hardcover PInya + CD PI word+PDF+Slide dan dikasih sticker cover di CDnya. Taroh Hardcover PI + CD di sekret jurusan taroh di rak jurusan masing-masing, tanya aja dsna. Biasanya nunggu seminggu paling lama bisa sebulan baru udh di TTD.
8. Setelah semua TTD didapatkan, Scan hasil lembar pengesahan yg di TTD trs jdiin PDF. Upload semua isi penulisan kalian , sesuai aturan yang ada di deposit library , semua penulisan di convert ke PDF , masing masing file tidak boleh lebih dari 2 Mb , Lembar pengesahan dan Lembar originalitas yg sudah di TTD harus di scan , sebelum di upload dan harus berbentuk file PDF juga. Ganti peruntuknya tadi jadi PENULISAN ILMIAH JENJANG SETARA SARJANA MUDA. DEFINISIKAN SELURUH FILE YANG TLEAH DIUPLOAD, SETELAH ITU KIRIMKAN (Kali ini tidak ada bukti upload yang harus di print)
“sekedar saran sebelum upload cek semua penulisan , apakah dari tanggal sidang di penulisan sudah diketik atau tanda tangan pembuat PI di penulisan yang harus di scan atau yang lain , pokoknya dicek semua ya kawan ”
9. Setelah upload file, kita ke perpustakaan yang dibawa adalah hardcover + potongan surat acc yang dikembalikan saat pendaftaran sidang (yang ada jadwal sidang kita pas pertama kali daftar sidang), yang nantinya akan ada verifikasi data kalian , akan disamakan hardcover dengan softcopy PDF yang kalian upload ke deposit library , jika ada perbedaan , pasti ada perbaikan entah upload nya di ulang lagi , atau tergantung kebijakan dari pihak petugas perpustakaan
10. Setelah di ACC petugas perpus, maka kita akan dikasih Blangko
11. Setelah membayar blangkonya, balik lagi ke loket perpus dikampus D itu, nyerahin blanko yang udah dibayar tadi. Nanti pihak perpus ngasih 1 buat kita yang dipake buat ngambil SERTIFIKAT dan memberi cap pada hardcover PI kita
12. Setelah semua selesai, tinggal ngambil sertifikat di gedung 2 lantai 1 kampus D dengan bawa blanko dan surat daftar sidang. Sertifikat selesai kurang lebih 3 minggu setelah sidang. Setelah sertifikat diberikan, jangan langsung ditanda tangan. Kalian periksa apakah data sudah benar atau belum. Jika terjadi kesalahan, kalian lapor, dan sertifikat dapat diambil 2 minggu kemudian.
Jadwal D21
Tiga bulan setelah sidang gue dapet sertifikat setara sarjana muda atau biasanya disebut dengan gelar A.Md. Alhamdulillah gue seneng banget bisa dapetin sertifikat itu akhirnya PI gue bisa diselesaikan tepat waktu dan sesuai prediksi gue. Pokoknya sekarang gue lega banget karena gue tinggal skripsian aja nihh abis itu lulus dehhh (kalo cepet skripsinya). Ini semua pasti berkat doa dari orang tua gue cuyy. Sebelum ceritanya gue tutup ada pesen nih dari gue buat lo semua yang baca cerita gue, kalau mau menghadapi sesuatu hal jangan lupa untuk minta doa sama orang tua yaa, insya Allah semua akan lancar. Good bye all. See you next my other story.
Kak kalo surat acc sidangnya ilang tau ga cara urusnya gmn? Makasih
BalasHapusKuliah di gundar mana bang?
BalasHapus